Data HK Tahun 2020 BPJS Resmi Naik 100%, BPJS Beri Kesempatan Turun Kelas

Data HK – Kini kita telah berada di pengujung tahun dimana kita akan memasuki tahun yang baru yaitu tahun 2020. Banyak sekali hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut tahun baru terutama dengan adanya tarif BPJS yang baru. Dikarenakan BPJS mengalami kerugian besar pada tahun ini, maka pemerintah resmi akan menaikkan tarif iuran BPJS sebesar 100% yang akan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2020. Dengan Iuran BPJS naik 100% ini banyak masyarakat yang menanggapinya dengan pro dan kontra.

Kebanyakan masyarakat yang sering memanfaatkan fasilitas BPJS ini merasa tidak begitu pengaruh dengan naiknya tarif BPJS karena mereka menggunakannya hampir setiap bulan bahkan setiap minggu. Bagi penderita gagal ginjal yang harus melakukan hemodialisis, penderita penyakit Jantung yang harus melakukan kontrol setiap bulan, atau penderita lain merasa tidak terlalu terbebani karena mereka sangat terbantu dengan pelayanan BPJS. Namun, bagi masyarakat yang masih sehat dan tidak menggunakan BPJS dengan sering ini merasa sangat terbebani apalagi anggota keluarga yang banyak dan semua terdaftar pada BPJS.

Bagi Masyarakat kalangan menengah dan tidak memiliki sakit keras dan mengikuti BPJS dengan iuran mandiri sangat keberatan karena mereka merasa membayar banyak padahal tidak menerima timbal baliknya. Mereka juga mengeluhkan dengan jumlah anggota keluarga yang ikut dalam iuran BPJS akan semakin memperbanyak biaya yang akan ditanggung. Jika ingin melihat angka keluaran hongkong silahkan klik data hk

Iuran BPJS naik 100% yang akan terjadi pada tahun 2020 ini sudah disahkan oleh pemerintah dalam Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 yang merupakan perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 yang membahas mengenai Jaminan Kesehatan yang berisi bahwa Iuran untuk peserta mandiri atau PBPU/BP pada kelas III akan naik menjadi Rp 42.000,0 per orang per bulan yang sebelumnya yaitu Rp 25.500,00 per orang per bulan. Untuk iuran BPJS kelas II yang dulunya sebesar Rp 52.000,00 per orang per bulan menjadi Rp 110.000,00 per orang per bulan. Sedangkan untuk kelas I yang dulunya sebesar Rp 80.000,00 per orang per bulan menjadi Rp 160.000,00 per orang per bulan.

Dengan kenaikan BPJS sebesar 100% ini, maka banyak masyarakat yang berbondong-bondong ingin melakukan penurunan kelas untuk memangkas pengeluaran untuk mengikuti jaminan kesehatan BPJS ini. BPJS juga memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin melakukan penurunan kelas ini dengan program yang dinamakan program “PRAKTIS” atau bisa diartikan dengan Perubahan Kelas Tidak Sulit

Program PRAKTIS adalah program BPJS untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin melakukan menurunkan kelas dengan syarat yang mudah dan akan dilayani mulai pada tanggal 9 Desember 2019 sampai pada tanggal 30 April 2020. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti program PRAKTIS ini ?

Syarat untuk Mengikuti Program PRAKTIS

Syarat untuk mengikuti Program PRAKTIS ini sangatlah mudah, hanya ada 5 syarat utama yang harus dipenuhi bagi pemohon, yaitu :

1. Berlaku untuk pemohon yang sudah mendaftarkan diri sebelum tanggal 1 Januari 2020 atau sebelum waktu resmi berlakunya tarif baru.

2. Kelas dapat turun dua tingkat dari tingkatan pertama, misanya anda dari kelas 1 bisa turun ke kelas 3 secara langsung.

3. Kesempatan penurunan kelas ini hanya dilayani satu kali dalam periode 9 Desember 2019 sampai 30 April 2020.

4. Program ini diberlakukan bagi 1 keluarga yang sudah terdatar pada BPJS

5. Pemohon yang menunggak iuran tetap boleh mengajukan permohonan penurunan kelas namun status kepesertaannya akan berlaku jika iuran sudah terbayarkan

Cara Mengurus PRAKTIS

1. Aplikasi Mobile JKN

Anda bisa menggunakan fitur ubah data peserta dan masukan data perubahan.

2. BPJS Care Center

Anda bisa menghubungi 1500 400 untuk menyampaikan perubahan

3. Mobile Customer Service

Dengan MCSanda tinggal mengisi Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) dan menunggu antrean .

4. Kantor Cabang atau Kantor Kabupaten/Kota

Untuk mengubah Iuran BPJS naik 100% ,anda bisa pergi ke kantor BPJS langsung dengan membawa fotokopi KTP, KK, Halaman depan tabungan rekening bank Mandiri/BNI/BRI/BCA sebanyak 2 lembar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *