Cara Optimasi SEO Website eCommerce Yang Wajib Anda Tau

SEO terus berkembang sealan dengan waktu, termasuk mesin pencari terbesar saat ini yaitu Google. And awajib harus belajar terus agar tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi yang berkembang. Hari ini SEO tidak hanya membangun tentang konten, namun sudah banyak yang menerapkannya untuk toko online atau kebutuhan lainnya di internet. Jika pemilik website bisa menerapkan SEO dengan cara yang maksimal, maka hasilnya akan sangat baik di mata mesin pencari.

Website eCommerce popular baru-baru ini, jika Anda milikinya tentu ingin meningkatkan SEO-nya agar cepat memperoleh peringkat pertama. dengan kursus SEO, Anda bisa belajar lebih cepat dunia per SEOan. Sudah banyak yang membuktikkannya, bahwa teknik dan penerapan Optimasi SEO Website eCommerce berjalan dengan baik, sekarang saatnya Anda.

Cara Optimasi SEO Website eCommerce Yang Wajib Anda Tau

  1. Mulai dengan menempatkan kata kunci secara efektif

Menemukan kata kunci yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari. Luangkan waktu untuk melakukan studi mendalam untuk menemukan serangkaian kata kunci yang sesuai untuk situs Anda. Kata kunci ekor panjang dapat membantu peringkat situs Anda tinggi dibandingkan dengan pesaing Anda. Apalagi sekarang banyak orang yang lebih spesifik memasukkan kata kunci sesuai dengan pencarian yang mereka butuhkan. Jadi, untuk mendapatkan awal yang baik, mulailah dengan memilih kata kunci yang baik.

2 Gunakan kata kunci strategis dalam teks jangkar

Menggunakan anchor text untuk meningkatkan situs e-commerce SEO adalah solusi yang baik. Seringkali kita melihat situs e-commerce yang memiliki teks Anchor sangat sedikit, karena diyakini dapat mengurangi estetika. Padahal, tidak ada salahnya jika diterapkan. Namun untuk saat ini, jangan berlebihan. Wajar untuk melakukan ini menggunakan jangkar “di sini” atau variasi kata kunci lainnya. Yang pasti, jangan gunakan kata kunci sama beberapa kali untuk melabuhkan teks untuk menghindari pinalti Google. Menggunakan anchor text #keyword juga dapat diterapkan pada deskripsi produk, yang dapat meningkatkan tampilan halaman untuk produk lain yang ingin Anda gunakan.

  1. Hindari duplikat konten

Untuk situs e-commerce, konten duplikat wajib dihindari. Secara umum, banyak situs web e-commerce sering mengalami masalah dengan ini karena produk mereka berjumlah puluhan atau ratusan, dan mereka menjadi bingung jika mereka harus menulis deskripsi produk yang berbeda untuk jenis produk yang sama. Butuh waktu dan energi untuk menyusun berbagai deskripsi produk untuk banyak produk serupa. Tapi tentu saja, ini sangat baik untuk situs Anda.

  1. Tulis deskripsi produk yang menarik

Seperti judul, deskripsi produk juga memiliki dampak besar pada konversi. Jangan masukkan deskripsi yang sama untuk semua produk seperti pada poin nomor 3 diatas. Buat setiap deskripsi unik dan menarik dengan kata kunci yang relevan untuk menjadikannya lebih seo frandly.

  1. Optimalkan produk Anda dengan gambar yang menarik

Di situs e-commerce, menampilkan produk dengan gambar yang menarik adalah suatu keharusan. Tidak hanya untuk dipandang, tetapi gambar ini benar-benar konverter yang sangat bagus. Jadikan gambar Anda cukup bagus, menarik, proporsional dan unik. Tidak hanya dalam hal visualisasi, Anda juga harus ingat untuk menggunakan tag alternatif sehingga gambar Anda juga mengandung kata kunci yang membantu meningkatkan efektivitas situs Anda di mesin pencari.

  1. Pengoptimalan URL untuk perayapan mesin pencari maksimum.

URL atau hyperlink adalah bagian penting dari SEO. Pengoptimalan URL dengan keyworod dapat membantu robot mesin pencari menemukan dan merayapi situs Anda lebih cepat dan lebih baik. Selain itu, struktur URL situs web yang baik juga memfasilitasi pengindeksan situs web. URL yang baik akan memberikan informasi kepada pengunjung potensial bahwa situs web Anda memberikan informasi yang tepat untuk membuatnya menyenangkan bagi mereka.

  1. Analisis berapa banyak lalu lintas yang dikonversi menjadi penjualan

Memiliki ribuan lalu lintas sangat mengesankan. Tetapi bagaimana dengan konversi penjualan? Sangat bagus juga? Atau masih lamban? Inilah yang Anda harus manalisis berapa banyak pengunjung rata-rata, yang akhirnya berubah menjadi pembeli. Untuk menyederhanakan pekerjaan Anda, Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk menganalisis jumlah lalu lintas dan poin lainnya. Anda dapat mengetahui dari mana datangnya lalu lintas, peralatan yang digunakan dan jenis pembeli yang memiliki banyak konversi, atau lain sebagainya.

  1. Bagaimana navigasinya?

Apakah situs Anda cukup nyaman? Apakah menu ini mudah ditemukan? Atau apakah sudah mobile? Jika tidak, ini adalah pekerjaan rumah yang penting bagi Anda. Bahkan, tidak hanya untuk e-commerce, semua jenis situs web dengan navigasi dan mobilitas yang baik adalah penting. Anda akan kehilangan banyak jika Anda mengabaikannya. Navigasi yang baik akan membuat pengunjung Anda betah untuk waktu yang lama sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli apa yang mereka inginkan. Sementara navigasi yang buruk sebenarnya dapat menyebabkan pengunjung Anda untuk segera mencari tombol x di browser.

  1. Hindari tautan yang rusak

Jika Anda ingin setiap pengunjung memiliki pengalaman yang menyenangkan saat menelusuri situs web mereka, pastikan tidak ada tautan rusak yang mengarah ke “Halaman tidak ditemukan.” Percayalah, pengunjung Anda akan langsung merasakan kebencian di halaman ini. Untuk mencegah hal ini terjadi, periksa situs web Anda secara teratur sehingga jika tautan yang rusak muncul, Anda dapat segera memperbaikinya.

Bagaimana Anda siap untuk mengoptimalkan situs e-commerce dengan SEO yang lebih baik? Kenapa tidak!! Sampai jumpa di halaman pertama!