Mengenal Sosial Media Dari Jenisnya Dengan Kursus SEO

kursus seo

kursus seoKursus SEO – Kemampuan sosial media modern lebih dari sekadar menyediakan kemampuan komunikasi. Namun, kapabilitas sosial media kini bergeser sebagai media promosi dan pemasaran bisnis. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Bisa dibilang tidak membutuhkan banyak modal dan tenaga untuk menjalin komunikasi dan mencari informasi. dengan sosial media, maka Anda dapat mengakses jaringan internet dan bebas menambah, mengedit, atau memodifikasi semua konten di akun sosial media Anda. Tentunya semua sosial media memiliki dampak positif atau negatif terhadap penggunaannya.

Namun selain di atas, sosial media tampaknya sangat serbaguna. Untuk memahami berbagai macam fitur sosial media, Anda dapat melihat dari jenis-jenis sosial media. Setiap sosial media dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Ini adalah review dari Kursus SEO!

Fitur sosial media berdasarkan jenis

  1. Jaringan hubungan

Jenis sosial media pertama adalah jaringan hubungan. Sosial media dipahami dengan baik oleh masyarakat umum sebagai situs web yang digunakan untuk komunikasi dan sosialisasi. Beberapa kategori sosial media: Jaringan hubungan termasuk LinkedIn, Facebook, Instagram, Google Plus, Twitter, dan lainnya.

Jaringan relasi sedang dalam tahap awal untuk membuat sosial media tersedia untuk umum, yang sebagian besar gratis untuk digunakan. Sosial media ini biasanya menyediakan fungsionalitas halaman profil dengan foto, biodata, dan informasi tambahan lainnya tentang pengguna. Sosial media ini mengharuskan pengguna untuk mendaftar dengan nama aslinya.

Fungsi utama dari sosial media jenis ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi. Fitur yang digunakan untuk kenyamanan ini termasuk dinding, garis waktu atau pesan pribadi (PM), dan berbagi.

Tidak hanya itu, fitur sosial media dari jenis jaringan hubungan lainnya termasuk mencari pekerjaan, berhubungan dengan sesama profesional, berbagi rekomendasi perusahaan, bertindak sebagai agen perjodohan, dan mempromosikan merek. Yang harus dilakukan, menghubungkan pengusaha dan konsumen.

  1. Jaringan berbagi media

Jenis sosial media ini bergantung pada fitur media yang dibagikan pengguna. Facebook dan Twitter juga termasuk dalam jenis jaringan berbagi media karena kemampuan berbagi video dan gambarnya yang sangat baik. Namun, sebagian besar konten (postingan) yang dibagikan pengguna di sosial media ini berisi teks.

Berbeda dengan kanal sosial media lain seperti Flickr dan Instagram yang mengutamakan konten visual. Sosial media ini memberikan kemampuan untuk mengunggah dan mengedit gambar sebelum menambahkan caption atau mention ke pengguna lain.

Selain itu, terdapat kanal sosial media seperti Vimeo, YouTube, Vine, dan Snapchat yang menggunakan video sebagai konten utamanya. Fungsi sosial media jenis ini adalah sebagai alat pemasaran untuk berbagi konten bertema hiburan dan meningkatkan pengunjung bisnis.

  1. Ulasan online

Ulasan online membuat fitur sosial media berbasis lokasi. Contohnya termasuk TripAdvisor, Zomato, dan OpenRice. Geolokasi adalah sistem yang membantu Anda menemukan lokasi geografis dan menemukan objek seperti ponsel cerdas dan komputer yang terhubung ke Internet. Teknologi ini sekarang secara tidak langsung mengembangkan lebih banyak sosial media.

Saat ini, ulasan sosial media online memiliki berbagai macam target, dari hotel dan restoran hingga bisnis. Dalam pemasaran digital, ulasan online memiliki andil yang lebih besar dalam keputusan pembelian konsumen daripada sebelumnya. Namun, fungsi utama dari sosial media ini adalah membagikan lokasi dari lokasi yang direkomendasikan.

  1. Forum diskusi

Forum diskusi adalah salah satu jenis sosial media yang ada di masa-masa awal internet. Jauh sebelum Facebook lahir, para pengguna internet berkumpul di forum diskusi untuk bertukar pikiran dan berdiskusi.

Melalui forum diskusi, pengguna internet dapat bertukar pesan di forum yang tersedia untuk mendiskusikan video game favorit dan film terbaru. Bahkan, beberapa pengguna bisa mengajukan pertanyaan tentang masalah kerusakan komputer di forum.

Perbedaan besar antara forum diskusi dan jenis sosial media lainnya adalah anonimitas pengguna. Forum diskusi biasanya tidak mengharuskan pengguna untuk mendaftar dengan nama dan ID asli mereka, tetapi siapa pun dapat melakukannya.

Berbeda dengan jenis sosial media lainnya, pengguna sangat dianjurkan untuk mencantumkan nama, lokasi bahkan foto aslinya. Fitur sosial media ini awalnya hanya untuk berbagi pesan dan hiburan. Namun, sekarang saya sudah bisa mengumpulkan beberapa komunitas dengan kepribadian yang mirip, seperti hobi dan pekerjaan.

  1. Platform penerbitan sosial

Platform Penerbitan Sosial adalah jenis sosial media yang menyediakan kemampuan untuk membuat artikel dan membagikannya untuk dibaca di antara pengguna lain. contoh jenis sosial media ini mencakup blog, media, mikroblog, WordPress, Tumblr,  dan lain sebagainya.

Anda masih bisa tingkatkan kualitasnya dengan cara Kursus SEO. Sosial media ini berfungsi untuk menulis artikel, namun konten artikelnya sangat luas. Beberapa pengguna menggunakannya untuk bisnis yang menyediakan produk atau layanan.

  1. Bookmark situs

Di masa-masa awal internet, menemukan informasi dan konten tidaklah mudah. Berbeda dengan saat ini, sudah banyak website yang memberikan informasi dengan kategori yang lebih spesifik. Pengguna internet biasanya memilih Google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Namun, jika informasi yang Anda butuhkan hanyalah gambaran atau penjelasan, Anda membutuhkan sosial media, jenis situs bookmark. Situs bookmark termasuk, Pinterest, StumbleUpon, dan Flipboard. Fungsi sosial media ini adalah untuk memungkinkan pengguna menggunakan situs web untuk mengumpulkan konten dan menyimpannya di akun masing-masing.

Anda dapat menyimpan konten dalam berbagai format seperti video, gambar,dan teks. Selain itu, konten yang disimpan dapat dijaga kerahasiaannya atau umumnya dapat diakses dan dibagikan secara bebas dengan orang lain.

  1. Jaringan berbasis minat

Salah satu manfaat sosial media adalah Anda dapat dengan mudah mengelompokkan sekelompok orang dengan minat yang sama. Sekarang telah banyak komunitas yang semakin berkembang dengan adanya bantuan sosial media. Contoh jenis sosial media ini termasuk grup Linkedin, grup Facebook, dan komunitas Google+.

Selain itu, terdapat sosial media untuk satu komunitas, seperti last.fm. Fitur sosial media ini dikhususkan bagi musisi dan pendengar musik. Selain itu, ada Goodreads untuk penulis dan pecinta buku. Hal yang sama berlaku untuk IMDB dan Rotten Tomatoes sebagai komunitas penggemar dan kritikus film. Fungsi jaringan berdasarkan kepentingan sosial media adalah tempat berkumpulnya komunitas tertentu.

Ringkasan fitur sosial media

Tentunya dari beberapa jenis sosial media yang disebutkan di atas, fitur sosial media juga sangat beragam. Bukan tidak mungkin sosial media baru akan dirilis di masa mendatang karena perkembangan teknologi yang terus berkembang. Mungkin inovasi juga akan menciptakan fitur sosial media baru.

Kapabilitas sosial media dirasakan oleh para pelaku bisnis yang menjalankan strategi pemasaran digital, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kemampuan sosial media dalam berbisnis akan terlihat lebih luas dengan beberapa pendekatan yang berbeda satu sama lain. ini akan menjadi hal yang baik ketika di terapkan dengan benar. Anda masih bisa kembangkan dengan kemampuan sendiri.